Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
4 posters
Halaman 1 dari 1
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
Bagian I
PERSIAPKAN DIRI ANDA SEJAK KULIAH
Salam,
Jodi Harmono
angkatan 6
PERSIAPKAN DIRI ANDA SEJAK KULIAH
Permisi Om Momod, izinkan Saya untuk membagi pengalaman Saya dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Semoga dapat bermanfaat bagi Rekan-rekan Alumni Krida Nusantara yang Saya banggakan.
Sebelum Saya bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Saya pernah bekerja sebagai staff HRD (Human Resources Development) di salah satu perusahaan multi nasional milik asing. Bagian HRD memiliki tugas untuk mengurus Sumber Daya Manusia sebagai asetnya perusahaan. Salah satu tugas HRD adalah melakukan kegiatan recruitment bagi calon karyawan yang akan mengisi kekosongan di suatu bagian di perusahaan. Saya akan berbagi kepada rekan-rekan bagaimana Perusahaan tempat Saya bekerja dulu melakukan kegiatan recruitment.
Pada dasarnya masing-masing Perusahaan memiliki kualifikasi mengenai kriteria calon karyawan yang akan dipilihnya untuk mengisi kekosongan formasi mereka. Saya akan menceritakan pengalaman Saya di HRD dan pengalaman Saya melamar dan mengikuti kegiatan seleksi di BUMN.
Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi dengan akreditasi A, yang artinya baik itu negeri atau swasta sama saja. Perusahaan akan mengambil calon karyawan yang memiliki keunggulan di bidang akademis. Beberapa Perusahaan menetapkan IPK minimal 2.75. Jika ingin mudah mencari kerja minimal IPK kita 3.00 dengan begitu kita sudah memiliki keunggulan.
Jangka waktu kuliah juga berpengaruh dalam melamar kerja. Semakin cepat kita menyelesaikan kuliah, Perusahaan akan menilai kita sebagai orang yang dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang akan diberikan kepada kita. Mereka akan menilai kita sebgai orang yang mampu bekerja cepat dan dibawah tekanan.
Pengalaman Organisasi, beberapa Perusahaan mensyaratkan pengalaman organisasi, beberapa tidak. Hal ini bergantung dengan jenis pekerjaan yang tersedia.
Bahasa, semakin mahir kita berbahasa asing semakin terbuka peluang kesempatan kita untuk bekerja di Perusahaan-perusahaan yang besar.
Bagi Rekan-rekan Alumni Krida Nusantara yang masih kuliah, persiapkan diri anda sedini mungkin agar kedepannya mudah bagi anda dalam menentukan pilihan berkarir.
Sebelum Saya bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Saya pernah bekerja sebagai staff HRD (Human Resources Development) di salah satu perusahaan multi nasional milik asing. Bagian HRD memiliki tugas untuk mengurus Sumber Daya Manusia sebagai asetnya perusahaan. Salah satu tugas HRD adalah melakukan kegiatan recruitment bagi calon karyawan yang akan mengisi kekosongan di suatu bagian di perusahaan. Saya akan berbagi kepada rekan-rekan bagaimana Perusahaan tempat Saya bekerja dulu melakukan kegiatan recruitment.
Pada dasarnya masing-masing Perusahaan memiliki kualifikasi mengenai kriteria calon karyawan yang akan dipilihnya untuk mengisi kekosongan formasi mereka. Saya akan menceritakan pengalaman Saya di HRD dan pengalaman Saya melamar dan mengikuti kegiatan seleksi di BUMN.
Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi dengan akreditasi A, yang artinya baik itu negeri atau swasta sama saja. Perusahaan akan mengambil calon karyawan yang memiliki keunggulan di bidang akademis. Beberapa Perusahaan menetapkan IPK minimal 2.75. Jika ingin mudah mencari kerja minimal IPK kita 3.00 dengan begitu kita sudah memiliki keunggulan.
Jangka waktu kuliah juga berpengaruh dalam melamar kerja. Semakin cepat kita menyelesaikan kuliah, Perusahaan akan menilai kita sebagai orang yang dapat bertanggung jawab terhadap tugas yang akan diberikan kepada kita. Mereka akan menilai kita sebgai orang yang mampu bekerja cepat dan dibawah tekanan.
Pengalaman Organisasi, beberapa Perusahaan mensyaratkan pengalaman organisasi, beberapa tidak. Hal ini bergantung dengan jenis pekerjaan yang tersedia.
Bahasa, semakin mahir kita berbahasa asing semakin terbuka peluang kesempatan kita untuk bekerja di Perusahaan-perusahaan yang besar.
Bagi Rekan-rekan Alumni Krida Nusantara yang masih kuliah, persiapkan diri anda sedini mungkin agar kedepannya mudah bagi anda dalam menentukan pilihan berkarir.
Salam,
Jodi Harmono
angkatan 6
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Re: Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
NICE POST...!!!! LANJUTGAN!!!!
yubra02- MASTER FORUM
- Jumlah posting : 192
Points : 242
Penghargaan : 6
Join date : 03.08.10
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
Bagian II
Persiapan Administrasi I
Persiapan Administrasi I
Terima kasih kepada Bang Yubra yang telah memberikan kesempatan untuk menulis di forum ini.
Zaman keterbukaan informasi seperti sekarang ini, seseorang akan mudah untuk mencari dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Informasi lowongan kerja dapat diperoleh dari iklan koran, televisi, situs web perusahaan yang bersangkutan, situs jasa penyediaan informasi lapangan kerja seperti jobsdb, jobstreet, kompas karir, dsb.
Setiap iklan lowongan pekerjaan yang tersedia akan menginformasikan syarat-syarat yang dapat lulus kualifikasi sesuai dengan kriteria pekerjaannya. Perhatikan baik-baik persyaratan tersebut dan jangan sampai terlewatkan. Persyaratan yang diminta biasanya akan dibuktikan dengan kelengkapan administrasi yang kita punya.
Administrasi merupakan berkas baik berupa fisik maupun elektronik. Administrasi berupa fisik biasanya kita jumpai dalam bentuk kertas sedangkan administrasi elektronik berupa data-data dalam bentuk file baik itu microsoft word, excel, pdf, jpg dsb.
Berkas administrasi yang pada umumnya diminta berupa :
1. Surat Lamaran
2. CV (curriculum vitae) / Daftar Riwayat Hidup
3. Foto copy legalisir ijasah & transkrip
4. sertifikat pelatihan
5. surat pengalaman kerja
1. Surat Lamaran
Apa sih surat lamaran itu? Banyak definisi mengenai surat lamaran untuk pekerjaan. Saya ambil yang mudah dan mudah-mudahan dapat dimengerti.
Surat Lamaran Pekerjaan merupakan sarana komunikasi yang tertuang dalam media cetak atau elektronik yang isinya memperkenalkan diri kita secara singkat, maksud dan tujuan dari isi surat tersebut (tentu saja untuk melamar pekerjaan).
Surat Lamaran Kerja bisa dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Apabila bahasa Inggris kita pas-pasan tidak perlu memaksakan, gunakan saja bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena kalau Bahasa Inggris kita salah akan menjadi bahan tertawaan di tim seleksi calon karyawan. Kecuali memang disyaratkan harus dengan Bahasa Inggris, sebaiknya kita diskusikan dengan rekan kita mengenai tata bahasa yang tepat.
Membuat surat lamaran kerja cukup singkat saja, karena hanya menjelaskan maksud dan tujuan serta sebagai pengantar berkas-berkas yang akan kita berikan seperti CV (Curriculum Vitae), Foto copy ijasah, transkrip, dsb. Selain itu tim rekrutmen akan males membaca surat yang terlalu panjang, mengingat jumlah pelamar yang sangat banyak.
Anda bisa mencari contoh-contoh bentuk surat lamaran yang tersedia dalam buku, file-file yang ada di internet. Saran Saya sebaiknya surat lamaran dibuat dengan bahasa sendiri agar melatih kita dalam menyusun surat-menyurat. Sebagai ilustrasi akan dijabarkan sebagai berikut :
CONTOH SURAT LAMARANZaman keterbukaan informasi seperti sekarang ini, seseorang akan mudah untuk mencari dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Informasi lowongan kerja dapat diperoleh dari iklan koran, televisi, situs web perusahaan yang bersangkutan, situs jasa penyediaan informasi lapangan kerja seperti jobsdb, jobstreet, kompas karir, dsb.
Setiap iklan lowongan pekerjaan yang tersedia akan menginformasikan syarat-syarat yang dapat lulus kualifikasi sesuai dengan kriteria pekerjaannya. Perhatikan baik-baik persyaratan tersebut dan jangan sampai terlewatkan. Persyaratan yang diminta biasanya akan dibuktikan dengan kelengkapan administrasi yang kita punya.
Administrasi merupakan berkas baik berupa fisik maupun elektronik. Administrasi berupa fisik biasanya kita jumpai dalam bentuk kertas sedangkan administrasi elektronik berupa data-data dalam bentuk file baik itu microsoft word, excel, pdf, jpg dsb.
Berkas administrasi yang pada umumnya diminta berupa :
1. Surat Lamaran
2. CV (curriculum vitae) / Daftar Riwayat Hidup
3. Foto copy legalisir ijasah & transkrip
4. sertifikat pelatihan
5. surat pengalaman kerja
1. Surat Lamaran
Apa sih surat lamaran itu? Banyak definisi mengenai surat lamaran untuk pekerjaan. Saya ambil yang mudah dan mudah-mudahan dapat dimengerti.
Surat Lamaran Pekerjaan merupakan sarana komunikasi yang tertuang dalam media cetak atau elektronik yang isinya memperkenalkan diri kita secara singkat, maksud dan tujuan dari isi surat tersebut (tentu saja untuk melamar pekerjaan).
Surat Lamaran Kerja bisa dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Apabila bahasa Inggris kita pas-pasan tidak perlu memaksakan, gunakan saja bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena kalau Bahasa Inggris kita salah akan menjadi bahan tertawaan di tim seleksi calon karyawan. Kecuali memang disyaratkan harus dengan Bahasa Inggris, sebaiknya kita diskusikan dengan rekan kita mengenai tata bahasa yang tepat.
Membuat surat lamaran kerja cukup singkat saja, karena hanya menjelaskan maksud dan tujuan serta sebagai pengantar berkas-berkas yang akan kita berikan seperti CV (Curriculum Vitae), Foto copy ijasah, transkrip, dsb. Selain itu tim rekrutmen akan males membaca surat yang terlalu panjang, mengingat jumlah pelamar yang sangat banyak.
Anda bisa mencari contoh-contoh bentuk surat lamaran yang tersedia dalam buku, file-file yang ada di internet. Saran Saya sebaiknya surat lamaran dibuat dengan bahasa sendiri agar melatih kita dalam menyusun surat-menyurat. Sebagai ilustrasi akan dijabarkan sebagai berikut :
- Spoiler:
- Jakarta, tgl-bln-tahun
Kepada Yth.
Kepala Biro Personalia / Manajer SDM
PT. XXX / Instansi
Alamat
Kota
Dengan Hormat,Sehubungan dengan informasi yang Saya peroleh dari (sebutkan sumber informasinya dan waktunya) bahwa PT. XXX sedang membutuhkan (sebutkan posisi yang tersedia). Perkenankan Saya (sebutkan nama anda) untuk melamar pada posisi tersebut.Jangan pernah terpaku dengan satu bentuk surat lamaran saja, teruslah berlatih agar mendapat bahasa yang singkat padat dan jelas. Sukses selalu untuk rekan-rekan Alumni Krida Nusantara.
Saat ini Saya (ceritakan posisi anda saat ini, baru lulus kuliah atau sedang bekerja apa saja secara singkat, instansi tempat anda kuliah / bekerja),
Bersamaan dengan surat ini Saya lampirkan (Sebutkan data administrasinya sesuai dengan persyaratan):
1. CV (Curriculum VItae)
2. Pas Foto ... X ... ( ... Lembar)
3. dst.
Besar harapan Saya untuk dapat memperkenalkan diri Saya dan dapat bekerja di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Terima kasih atas perhatiannya.
Nama Lengkap
Alamat email
No tlp yang bisa dihubungi
Salam,
Jodi Harmono
Angkatan 6
Terakhir diubah oleh Jodi 06 tanggal Mon 4 Oct 2010 - 14:40, total 2 kali diubah (Reason for editing : biar rapih aja)
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
Bagian II
Persiapan administrasi 2
Jodi Harmono
Angkatan 6
Persiapan administrasi 2
Setelah mempersiapkan surat lamaran, hal penting selanjutnya adalah mempersiapkan CV (Curiculum Vitae) yakni daftar riwayat hidup. CV biasanya dibuat untuk memberikan informasi mengenai diri kita. Usahakan buat semenarik mungkin karena itu merupakan proposal untuk menjual nilai yang ada di dalam diri kita kepada Perusahaan.
Sewaktu saya bekerja menjadi HRD, banyak sekali CV yang bagus-bagus dan menarik, terkadang ada yang lucu, biasa saja bahkan ada yang terkesan sembarangan alias asal jadi. Tim seleksinya biasanya akan membuang2 CV yang asal-asalan dan tidak menarik saat "first look".
Dalam membuat CV informasi yang kita berikan harus dapat dibuktikan dengan bukti-bukti tertulis lainnya. Tapi saya akan sedikit membocorkan rahasia yang mungkin dapat berguna bagi Rekan-rekan.
Jangan ragu-ragu menempelkan foto berwarna di CV kita, bagi yang wanita dandan secantik dan semenarik mungkin, gunakan pakaian yang rapih. Desain bentuk CV juga dibuat dengan menarik, gunakan warna-warna yang menarik bisa biru, merah, hijau dsb.
Keterangan mengenai pengalaman kerja atau organisasi (selama kita punya surat pengalaman yang dapat membuktikannya) dapat kita utak atik. Misalnya, anda lulusan dari fakultas hukum dan pernah magang di suatu perusahaan kemudian lowongan yang tersedia adalah bagian pemasaran. Anda bisa tulis di bagian pengalaman kerja bahwa anda pernah magang di bidang pemasaran dengan kualifikasi pekerjaannya. Selama anda mengerti mengenai kegiatan pemasaran maka anda aman. kalau anda belum mengerti, sebaiknya mencari informasi mengenai apa saja yang biasanya dilakukan di bidang pemasaran.
Pada intinya, kalau CV kita sudah menarik besar kemungkinan kita akan mendapat panggilan wawancara atau tes selanjutnya.
Salam,Sewaktu saya bekerja menjadi HRD, banyak sekali CV yang bagus-bagus dan menarik, terkadang ada yang lucu, biasa saja bahkan ada yang terkesan sembarangan alias asal jadi. Tim seleksinya biasanya akan membuang2 CV yang asal-asalan dan tidak menarik saat "first look".
Dalam membuat CV informasi yang kita berikan harus dapat dibuktikan dengan bukti-bukti tertulis lainnya. Tapi saya akan sedikit membocorkan rahasia yang mungkin dapat berguna bagi Rekan-rekan.
Jangan ragu-ragu menempelkan foto berwarna di CV kita, bagi yang wanita dandan secantik dan semenarik mungkin, gunakan pakaian yang rapih. Desain bentuk CV juga dibuat dengan menarik, gunakan warna-warna yang menarik bisa biru, merah, hijau dsb.
Keterangan mengenai pengalaman kerja atau organisasi (selama kita punya surat pengalaman yang dapat membuktikannya) dapat kita utak atik. Misalnya, anda lulusan dari fakultas hukum dan pernah magang di suatu perusahaan kemudian lowongan yang tersedia adalah bagian pemasaran. Anda bisa tulis di bagian pengalaman kerja bahwa anda pernah magang di bidang pemasaran dengan kualifikasi pekerjaannya. Selama anda mengerti mengenai kegiatan pemasaran maka anda aman. kalau anda belum mengerti, sebaiknya mencari informasi mengenai apa saja yang biasanya dilakukan di bidang pemasaran.
Pada intinya, kalau CV kita sudah menarik besar kemungkinan kita akan mendapat panggilan wawancara atau tes selanjutnya.
Jodi Harmono
Angkatan 6
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
Bagian III
WAWANCARA
Contoh pertanyaan dan coba anda latih bagaimana anda harus menjawabnya....
Pertanyaan lanjutan biasanya seperti ini :
Semoga bermanfaat, sukses untuk rekan-rekan alumni Krida Nusantara.
Salam,
Jodi Harmono
Angkatan 6
WAWANCARA
Setelah sekian banyak mengirimkan surat lamaran, hal yang paling ditunggu-tunggu adalah telepon panggilan dari perusahaan. Apabila kita menerima panggilan wawancara, segera persiapkan alat tulis dan segera catat apa-apa saja yang disampaikan oleh penelpon. Jangan sampai kita salah informasi, kalau diberi waktu untuk bertanya, segera tanyakan apa-apa saja yang kurang jelas.
JANGAN PERNAH TERLAMBAT, usahakan datang 1 jam sebelum wawancara dimulai. Hal ini dianjurkan agar kita dapat mengontrol emosi kita. Atur nafas, tenang, rileks. SENYUM saat akan berangkat dari rumah hal ini akan banyak membantu psikologis kita.
GUNAKAN PAKAIAN RAPIH, jika perlu pakai dasi untuk menambah kesan bahwa kita benar-benar siap terjun ke dalam dunia kerja. PENAMPILAN fisik juga harus diperhatikan, rambut, make up (bagi wanita), wangi (penting).
Sesampainya di lokasi, pasti akan terpikirkan apa saja yang akan ditanyakan pada kita nanti.... Nah Saya akan berbagi mengenai apa-apa saja yang biasanya ditanyakan.
Pada dasarnya TIDAK ADA YANG BENAR DAN TIDAK ADA YANG SALAH DALAM WAWANCARA. Di dalam proses wawancara sangat bergantung pada penilaian terhadap pertemuan pertama kita.... Mengesankan, menarik, biasa saja, atau tidak ada rekomendasi sama sekali. Jawab semua pertanyaan dari pewawancara yang masuk akal, logis dan percaya diri tetapi tetap rendah hati dan harus menunjukkan bahwa kita tetap harus terus belajar.
JANGAN PERNAH TERLAMBAT, usahakan datang 1 jam sebelum wawancara dimulai. Hal ini dianjurkan agar kita dapat mengontrol emosi kita. Atur nafas, tenang, rileks. SENYUM saat akan berangkat dari rumah hal ini akan banyak membantu psikologis kita.
GUNAKAN PAKAIAN RAPIH, jika perlu pakai dasi untuk menambah kesan bahwa kita benar-benar siap terjun ke dalam dunia kerja. PENAMPILAN fisik juga harus diperhatikan, rambut, make up (bagi wanita), wangi (penting).
Sesampainya di lokasi, pasti akan terpikirkan apa saja yang akan ditanyakan pada kita nanti.... Nah Saya akan berbagi mengenai apa-apa saja yang biasanya ditanyakan.
Pada dasarnya TIDAK ADA YANG BENAR DAN TIDAK ADA YANG SALAH DALAM WAWANCARA. Di dalam proses wawancara sangat bergantung pada penilaian terhadap pertemuan pertama kita.... Mengesankan, menarik, biasa saja, atau tidak ada rekomendasi sama sekali. Jawab semua pertanyaan dari pewawancara yang masuk akal, logis dan percaya diri tetapi tetap rendah hati dan harus menunjukkan bahwa kita tetap harus terus belajar.
Contoh pertanyaan dan coba anda latih bagaimana anda harus menjawabnya....
- Spoiler:
Perkenalkan Diri Anda...
Q : Bisa anda ceritakan mengenai diri anda ?
A : .............
aktivitas anda sehari-hari
Q : Apa kegiatan yang sering anda lakukan ?
A : ..............
Keterampilan yang dimiliki
Q : Jelaskan mengapa kami harus memilih anda?
A : ..........................
Pertanyaan lanjutan biasanya seperti ini :
- Spoiler:
Q : Mengapa anda tertarik dengan pekerjaan ini?
A : ...............
Q : Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?
A : ................
Q : Berapa salary yang anda inginkan ?
A : ................
Q : Apakah anda ada kenalan di perusahaan ini ?
A : .................
Untuk pertanyaan masalah gaji.... Apabila anda benar-benar fresh graduate tanpa ada pengalaman kerja atau organisasi jangan mematok gaji yang terlalu besar.... range untuk S1 fresh graduate adalah 1.5 jt s/d 2.5 jt tergantung dari kemampuan perusahaan dan penilaian mereka terhadap anda. Sabar, dengan bertambahnya pengalaman kerja anda, suatu saat anda melamar di perusahaan lain, anda sudah punya nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.
Semoga bermanfaat, sukses untuk rekan-rekan alumni Krida Nusantara.
Salam,
Jodi Harmono
Angkatan 6
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
WAWANCARA DENGAN USER
Jodi Harmono
Angkatan 6
[justify]
Setelah wawancara dengan psikolog, pada tahapan akhir biasanya akan diadakan wawancara dengan user. Siapa itu user?
User di tiap-tiap perusahaan berbeda-beda, ada yang nantinya akan menjadi bos kita langsung, di perusahaan besar biasanya user adalah direksi atau perwakilan direksi. Mereka akan menilai seluruh rekapan nilai kita dari tes awal sampai dengan tes yang terakhir.
Pertanyaan yang biasa dimunculkan biasanya ringan, santai tapi terkadang menjebak. Mengapa? karena disitulah keputusan si user akan memakai anda atau tidak. Namun jangan khawatir, selama anda memiliki pengetahuan yang luas dan dapat berpikir secara cepat dan menghasilkan solusi yang baik maka besar kemungkinan anda akan dipilih sebagai calon karyawan.
Dalam tehnik wawancara beberapa hal yang dapat saya sampaikan ialah :
- ketuk pintu sebelum masuk, senyum kepada pewawancara saat pertama kali bertemu
- jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk
- perhatikan posisi duduk anda, tangan jangan ditaruh di atas meja, tenang, usahakan tubuh jangan banyak
bergerak
- dalam berkomunikasi, usahakan mata anda tetap menatap mata lawan bicara anda
- berikan jawaban yang memuaskan......
Jika ada pertanyaan yang anda tidak tau sama sekali jawabannya, jangan pernah anda jawab tidak tau... usahakan jawaban yang anda berikan adalah "saya akan segera mencari informasi tersebut Pak".
Semoga rekan-rekan alumni Krida Nusantara mendapat pekerjaan yang baik di perusahaan yang baik pula.
Salam,
User di tiap-tiap perusahaan berbeda-beda, ada yang nantinya akan menjadi bos kita langsung, di perusahaan besar biasanya user adalah direksi atau perwakilan direksi. Mereka akan menilai seluruh rekapan nilai kita dari tes awal sampai dengan tes yang terakhir.
Pertanyaan yang biasa dimunculkan biasanya ringan, santai tapi terkadang menjebak. Mengapa? karena disitulah keputusan si user akan memakai anda atau tidak. Namun jangan khawatir, selama anda memiliki pengetahuan yang luas dan dapat berpikir secara cepat dan menghasilkan solusi yang baik maka besar kemungkinan anda akan dipilih sebagai calon karyawan.
Dalam tehnik wawancara beberapa hal yang dapat saya sampaikan ialah :
- ketuk pintu sebelum masuk, senyum kepada pewawancara saat pertama kali bertemu
- jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk
- perhatikan posisi duduk anda, tangan jangan ditaruh di atas meja, tenang, usahakan tubuh jangan banyak
bergerak
- dalam berkomunikasi, usahakan mata anda tetap menatap mata lawan bicara anda
- berikan jawaban yang memuaskan......
Jika ada pertanyaan yang anda tidak tau sama sekali jawabannya, jangan pernah anda jawab tidak tau... usahakan jawaban yang anda berikan adalah "saya akan segera mencari informasi tersebut Pak".
Semoga rekan-rekan alumni Krida Nusantara mendapat pekerjaan yang baik di perusahaan yang baik pula.
Salam,
Jodi Harmono
Angkatan 6
[justify]
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
MANFAATKAN KESEMPATAN BERTANYA
Salam,
Jodi Harmono
Dalam proses wawancara, biasanya kita akan diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai apa saja tentang perusahaan tersebut. Saran saya sebaiknya kita aktif bertanya mengenai hak-hak kita sebagai karyawan. Mengapa? Agar nantinya kita dapat bekerja dengan nyaman dan semangat dalam berkarya.
Pertanyaan yang dapat anda ajukan seperti :
1. Apakah di sini ada lembur? Jika ada, apakah saya mendapat hak-hak lembur saya?
2. Apakah di sini ada jamsosteknya? karena anda sebagai karyawan berhak mendapat hak-hak seperti hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan kesehatan.
3. Tanyakan mengenai apakah anda akan mendapat fasilitas kesehatan?
4. Tanya mengenai pengembangan karir anda di perusahaan tersebut.
5. Tanya tentang perjanjian kerja bersama (PKB) atau peraturan perusahaan tersebut, dan minta waktu untuk mempelajarinya.
Semoga anda tidak salah memilih perusahaan, karena ada perusahaan yang berprinsip "no work no pay", "anda sudah saya bayar maka kerjalah sesuai kehendak kami".
Sukses untuk rekan-rekan Alumni Krida Nusantara.
Pertanyaan yang dapat anda ajukan seperti :
1. Apakah di sini ada lembur? Jika ada, apakah saya mendapat hak-hak lembur saya?
2. Apakah di sini ada jamsosteknya? karena anda sebagai karyawan berhak mendapat hak-hak seperti hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan kesehatan.
3. Tanyakan mengenai apakah anda akan mendapat fasilitas kesehatan?
4. Tanya mengenai pengembangan karir anda di perusahaan tersebut.
5. Tanya tentang perjanjian kerja bersama (PKB) atau peraturan perusahaan tersebut, dan minta waktu untuk mempelajarinya.
Semoga anda tidak salah memilih perusahaan, karena ada perusahaan yang berprinsip "no work no pay", "anda sudah saya bayar maka kerjalah sesuai kehendak kami".
Sukses untuk rekan-rekan Alumni Krida Nusantara.
Salam,
Jodi Harmono
Jodi 06- Penonton
- Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10
Re: Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
mantttttaaaaaaappppppp
yudhagen8- Penggembira
- Jumlah posting : 114
Points : 126
Penghargaan : 2
Join date : 09.08.10
Re: Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Perusahaan
wuih jodi handal.
andrian6- Pendatang
- Jumlah posting : 9
Points : 11
Penghargaan : 0
Join date : 06.08.10
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|