Keluarga Besar Krida Nusantara Bandung
Selamat Datang di Forum Keluarga Besar Krida Nusantara Bandung.

Silahkan melakukan pendaftaran untuk dapat memulai aktifitas di forum. Bila diketahui dikemudian hari anda adalah bukan berasal dari krida, maka kami akan menon-aktifkan ID anda

Gunakan ID/username (atau ubah bagi yang sudah terlanjur) dengan format sebagai berikut : "namapanggilan+angkatan". Co : nama panggilan "Kuncung", angkatan "7". Berarti nicknamenya harus menjadi "Kuncung7". Bagi guru dan karyawan dapat menggunakan angka 0 dibelakang namanya.

Thanks

Jual-Beli Saham

Go down

Jual-Beli Saham

Post by Jodi 06 on Mon 8 Nov 2010 - 14:40

Saat ini banyak sekali cara kita berinvestasi terhadap uang kita yang menganggur. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini menyimpan uang di bank malah membuat kita rugi karena terkena banyak sekali potongan sedangkan bunga yang kita peroleh kecil sekali.

Perekonomian Indonesia sedang tumbuh, dan Pemerintah menawarkan produk-produk investasi ke luar negeri untuk menarik minat investor datang ke Indonesia. Apa keuntungannya bagi kita? Kita bisa berpartisipasi dalam melakukan investasi dengan berbagai cara guna memperoleh keuntungan dari masuknya investor asing tersebut.

Pemerintah saat ini sangat getol dan bangga akan kenaikan IHSG (Index Harga Saham Gabungan). Apa itu Saham?

Saham
Saham merupakan instrumen yang dikeluarkan suatu perusahaan guna memperoleh modal untuk keberlangsungan jalannya usaha. Apabila anda ingin mendirikan PT (Perseroan Terbatas) maka dibutuhkan modal yang terbagi dalam saham. Keuntungannya adalah apabila terjadi kebangkrutan maka tanggung jawab pemilik PT hanya sebatas saham yang dimiliki saja.

Apabila kita memiliki saham di suatu Perusahaan dan ternyata di dalam perkembangannya perusahaan tersebut menghasilkan keuntungan yang banyak maka pemilik saham akan memperoleh pembagian keuntungan yang biasa disebut DIVIDEN.

Semakin berkembangnya perusahaan maka modal yang dibutuhkan semakin besar. Bagaimana cara memperoleh modalnya tersebut? tentu saja mereka akan mencari dana dari masyarakat umum melalui Indonesia Stock Exchange (IDX). IDX merupakan wadah untuk melakukan transaksi jual beli saham.

Dengan terdaftarnya perusahaan di IDX maka perusahaan mengharapkan mendapat suntikan dana dari masyarakat yang membeli saham perusahaan tersebut guna modal jangka panjang mereka.Apa keuntungan bagi masyarakat yang membeli saham-saham tersebut?

Karena ini modal jangka panjang untuk perusahaan maka hasilnya pun akan diperoleh dalam waktu yang lama pula. Setiap tahunnya perusahaan wajib melaporkan kondisi keuangan mereka. Dari sanalah kita bisa tau keuntungan yang kita peroleh atau bahkan kerugian.

Perusahaan biasanya akan mengumumkan kegiatan yang akan dilakukan, biasanya disebut corporate action. Bisa berupa pembagian deviden atau keuntungan yang ada untuk modal berikutnya. Apabila perusahaan itu untung dan belum membagi deviden maka harga saham bisa naik.

Investasi saham bukan lagi hal yang menakutkan, pelajari perusahaannya, pelajari laporan keuangannya, pelajari faktor sosial dan budaya, maka anda akan mendapat keuntungan dari berinvestasi di saham. Selamat mencoba...

Salam


Jodi Harmono
avatar
Jodi 06
Penonton
Penonton

Jumlah posting : 29
Points : 31
Penghargaan : -1
Join date : 07.08.10

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik